Integrasi Psikologi Pendidikan dan Kearifan Lokal dalam Mewujudkan Pembelajaran Kontekstual

  • Hernindya Septarinjani UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Silvi Amelia UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Rohmat Efendi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Tri Windi Oktara UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Vasco Delano Universitas Mathla'ul Anwar Banten
Keywords: psikologi pendidikan, Kearifan lokal, karakter, budaya, pembelajaran kontekstual

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi keterkaitan antara psikologi pendidikan dan kearifan lokal dalam membentuk proses pembelajaran yang kontekstual dan bermakna. Psikologi pendidikan sebagai ilmu yang mempelajari perilaku dan proses mental dalam konteks pembelajaran memiliki peran sentral dalam mengembangkan pendekatan pembelajaran yang efektif. Sementara itu, kearifan lokal merupakan nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat, yang mencerminkan pandangan hidup serta norma yang dijunjung tinggi secara turun-temurun. Integrasi antara psikologi pendidikan dan kearifan lokal diyakini dapat menciptakan proses belajar yang tidak hanya berorientasi pada capaian akademik, tetapi juga menekankan aspek afektif, sosial, dan spiritual peserta didik. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode kajian literatur, mengkaji berbagai teori dan temuan sebelumnya mengenai pendidikan berbasis nilai lokal. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan psikologi pendidikan yang selaras dengan nilai-nilai kearifan lokal mampu meningkatkan motivasi, karakter, dan identitas budaya peserta didik. Dengan demikian, pendidikan yang berakar pada kearifan lokal dapat menjadi solusi dalam menghadapi tantangan pendidikan modern yang kerap kali terlepas dari konteks sosialbudaya peserta didik.

Author Biographies

Hernindya Septarinjani, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Mahasiswa

Silvi Amelia, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Mahasiswa

Rohmat Efendi, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Dosen

Tri Windi Oktara, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Dosen

Vasco Delano, Universitas Mathla'ul Anwar Banten

Dosen

References

Desriandi, R. V., & Suhaili, N. (2021). Bakat dan Minat: Faktor Penting dalam Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, 2(1), 1-10.

Ekaningtyas, B. (2022). Peran Psikologi Pendidikan dalam Membangun Karakter Siswa di Era Digital. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(2), 115-128. https://doi.org/10.53977/ps.v2i01.526

Maharani, A., & Muhtar, A. (2022). Integrasi Kearifan Lokal dalam Kurikulum Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 45-58.

Maharani, S. T., & Muhtar, T. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal untuk

Meningkatkan Karakter Siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 5961–5968. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3148

Marissa, N. (2022). Pengaruh Sikap Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa. Meretas : Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 32–45.

Ningsih, S. E., Anisa, K., & Mislaini Mislaini. (2024). Sistem Pendidikan di Jepang dan Korea Selatan.

Harmoni Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 280–295. https://doi.org/10.62383/hardik.v2i1.1073

Ningsih, S., Suryadi, A., & Wibowo, R. (2024). Disiplin dan Harmoni: Refleksi Psikologi Pendidikan Jepang dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 1-15.

Nurhidayah, R., Susanto, H., & Putra, M. A. (2017). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Kearifan Lokal Gayo: Studi Kasus Nilai-nilai 'Edet'. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(2), 100-112.

Retnaningsih, Y., & Suryosumunar, C. (2024). Unggah-Ungguh: Studi Kasus Pembentukan Moral dan Etika dalam Pendidikan Karakter Jawa. Jurnal Kajian Budaya Jawa, 7(1), 25-38.. https://e-journal.iahn-g

Sandria, F., Andriana, N., & Rahman, I. K. (2023). ASPEK PSIKOLOGI DALAM BELAJAR: SEBUAH STUDI LITERATUR. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Dan Konseling Islam, 6(3), 483– 492.

Sartini. (2004). Menggali Kearifan Lokal Nusantara Sebuah Kajian Filsafat. Jurnal Filsafat, 37(2), 111– 120.

Suarningsih, N. M. (2019). Peranan Pendidikan Berbasis Kearifan lokal dalam Pembelajaran di Sekolah. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–30.

Suryawan, I. P. P., Sutajaya, I. M., & Suja, I. W. (2022). Tri Hita Karana sebagai Kearifan Lokal dalam Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 5(2), 50–65. https://doi.org/10.23887/jpmi.v5i2.55555

Wahyuni Sabulat, F., Satinah, S., & Rahman, T. (2025). Intelegensi dalam Perspektif Psikologi Pendidikan. Observasi: Jurnal Publikasi Ilmu Psikologi, 3(2), 86–101. https://doi.org/10.61132/observasi.v3i2.1061

Published
2025-07-31
How to Cite
Septarinjani, H., Amelia, S., Efendi, R., Oktara, T., & Delano, V. (2025). Integrasi Psikologi Pendidikan dan Kearifan Lokal dalam Mewujudkan Pembelajaran Kontekstual. Indonesian Journal of Educational Counseling, 9(2), 144-156. https://doi.org/10.30653/001.202592.505
Section
Theoretical/Conceptual Article