Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Regulasi Emosi Siswa Kelas X SMAN 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh demokratis orang tua dengan regulasi emosi pada siswa kelas X SMAN 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2024/2025. Pola asuh demokratis diyakini dapat membentuk individu yang bertanggung jawab dan memiliki kemampuan regulasi emosi yang baik, melalui komunikasi dua arah, pemberian kebebasan yang disertai tanggung jawab, serta kedekatan emosional antara orang tua dan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel berjumlah 40 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria yaitu siswa SMAN 1 Lubuk Pakam dan Siswa yang orang tuanya menerapkan pola asuh demokratis. Instrumen yang digunakan adalah angket pola asuh demokratis dan regulasi emosi, yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan teknik korelasi Pearson Product Moment menggunakan bantuan program SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh demokratis orang tua dengan regulasi emosi siswa, dengan nilai koefisien korelasi sebesar r = 0,408 dan nilai signifikansi p = 0,009 (p < 0,05), yang menunjukkan tingkat hubungan sedang. Adapun nilai koefisien determinasi sebesar R² = 0,166, yang artinya 16% regulasi emosi dipengaruhi oleh pola asuh demokratis orang tua. Sementara 84% regulasi emosi dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu, usia, jenis kelamin, motivasi, norma dan budaya. Penelitian ini memberikan implikasi penting dalam pengembangan peran orang tua dan sekolah dalam mendukung perkembangan emosi siswa.
References
Choirunissa, R., & Ediati, A. (2020). Hubungan antara komunikasi interpersonal remaja-orang tua dengan regulasi emosi pada anak SMK. Jurnal Empati, 7(3), 1068-1075.
Dewi, I. S., Fauzi, I., & Sukmawarti, S. (2022). Motivasi Belajar Mahasiswa ditinjau dengan Pola Asuh Orang Tua Demokratis. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 2951-2955.
Hasmarlin, H., & Hirmaningsih, H. (2019). Self-compassion dan regulasi emosi pada remaja. Jurnal Psikologi, 15(2), 148-156.
Hutasuhut, D. H., Lubis, W. U. (2021). Perbedaan Pola Asuh Demokratis dengan Pola Asuh Otoriter terhadap Kedisiplinan Siswa di Kelas VI SD Nurul Hasanah. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 1(1), 126-128.
Jaya, M. L. M. (2020). METODE PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF. Yogyakarta: ANAK HEBAT INDONESIA.
Rahmat. P. S. (2018). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta Timur: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharyat, Y. (2022). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN. Banyumas: Wawasan Ilmu.
Tridhonanto, AI. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Pertama. Jakarta: Percetakan PT Gramedia
Copyright (c) 2025 Nabila Safina Lubis, Ika Sandra Dewi, Nurul Azmi Saragih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.