Efektifitas Teknik Reframing dalam Mereduksi Loneliness (Kesepian) Pada Siswa SMPN 1 Dasuk
Abstract
Loneliness (kesepian) adalah kondisi psikologis di mana individu merasa tidak memiliki kedekatan emosional dengan orang lain, meskipun tidak selalu dalam keadaan sendiri secara fisik. Fokus tujuan penelitian ini yaitu untuk menentukan efektivitas teknik reframing untuk mereduksi lonelines (kesepian) pada siswa SMPN 1 Dasuk. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode eksperimen melalui one group pretest-posttest design. Hasil pengolahan data menunjukkan rata-rata pretest sebesar 112,7 kemudian setelah dilaksanakan konseling kelompok dengan teknik reframing didapatkan rata-rata posttest sebesar 76,3. Nilai signifikansi (2-tailed) yang dihasilkan melalui uji t yaitu 0,00 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa ada perubahan kondisi loneliness (kesepian) sebelum dan sesudah dilaksanakan layanan, artinya teknik reframing efektif digunakan dalam mereduksi loneliness (kesepian) pada siswa SMPN 1 Dasuk.
References
Alfia, N., & Esty P. P. (2024). Konseling Kelompok Pendekatan Behavior Dengan Teknik Reframing untuk Mengurangi Perilaku Agresif Peserta Didik. Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop, 2(4), 60-66. https://e-journal.Upr .ac.id/index.php/pdhp
Anggraeni, R. P. D. H., Trisnani, R. P., & Suharni. (2024). Keefektifan Konseling Kelompok dengan Teknik Reframing untuk Mereduksi Perilaku Impulsive Buying. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 3(3), 484-495. https://ejournal2.undiksha .ac.id/index.php/jurnal_bk
Ariyanti, S. (2023). Kecemasan Social, Loneliness, dan Online Self Disclosure Pada Awal Pengguna Dating App Tinder. Journal of Social and Economics Research, 2(5), 1475-1484. https://idm.or.id/JSER/index.php/JSER/article /view/242
Asmarany, A. I. & Syahlaa, N. S. (2020). Hubungan Loneliness dan Problematic Internet Use Remaja Penggunaan Sosial Media. Sebatik, 2(3), 387-391. https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/787
Cheria, Y., Tarafang, G., Wibowo, S., Tanur, C., Wijaya, A. A., & Atrizka, D. (2021). Hubungan Empathy dengan Loneliness pada Anak Panti Asuhan Evangeline Booth dan Wiliam Both Medan. Psyche 165 Journal, 1(14), 59-66. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v14i1.97
Corey, G. (2013). Theory and Practice of Counseling and Psychotherap. California: Brooks/Cole
Dafnaz, H. K., & Effendy, E. (2020). Hubungan Kesepian Deengan Masalah Psikologis dan Gejala Gangguan Somatis Pada Remaja. SCRIPTA SCORE Scientific Medical Journal, 1(2), 6-13. https://talenta.usu.ac.id/scripta/article/view/3372
Fattayatinur, Nurhasanah & Bakar, A. (2018). Efektifitas Penerapan Koseling Gestalt Melalui Teknik Reframing Untuk Menurunkan Perilaku Internet Adiction Siswa SMP. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4(3), 7032-7037. https://jim.usk.ac.id/pbk/article/view/6207
Gemilang, M. A. (2022). Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Reframing untuk Meningkatkan Identitas Diri Siswa. INSIGHT : Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(11), 1-17. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/26811
Knapp, P., & Beck, A. T. (2008). Cognitive therapy: foundations, conceptual models, applications and research. Revista Brasileira de Psiquiatria, 2 (30), 54-64. https://www.researchgate.net/publication/288830124_Cognitive_Therapy_foundations_conceptual_models_applications_research?enrichId=rgreq-636c 1058bcd91093c03c719236fd7cfb-XXX&enrichSource=Y292ZXJQYWdlO zI4ODgzMDEyNDtBUzozMTI3MDQwMzA0NDU1NjhAMTQ1MTU2NTg1ODQ1Nw%3D%3D&el=1_x_2&_esc=publicationCoverPdf
Omopo, O. E., & Solomon A. O. (2024). Mind Over Smoke: Transformative Effects of Cognitive Reframing Therapy on Tobacco Smoking Dependency Behaviour among Male Inmates in Correctional Centres in Oyo State. NIU Journal of Social Sciences, 10(2), 293-303. https://ijhumas.com/ojs/index.php/niujoss/article/view/1891
Purniani, K. (2023). Penerapan Teori Konseling Rasional Emotif Behavioral dengan Teknik Reframing untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Pada Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 1(8), 1-6. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ bk/article /view/2032
Qurany, N., Pandang, A., & Buchori, S. (2024). Penerapan Teknik Reframing Untuk Menurunkan Perilaku Body Image Negatif Pada Siswa Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Malang. Pinisi Journal Of ART, HUMANITY & SOCIAL STUDIES, 3(4), 70-83. https://eprints.unm.ac.id/35190/1/Jurnal%20Dilqurrr.pdf
Soesana, A., Subakti, H., Karwanto, Fitri, A., Kuswandi, S., Sastri, L., Falani, I., Aswan, N., Hasibuan, F. A., & Lestari, H. (2023). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Medan : Yayasan Kita Menulis
Suciati, A. D., Dharmayana, I. W., & Sholihah, A. (2017). Efektivitas Strategi Reframing Dalam Konseling Kelompok Untuk Membantu Mereduksi Rasa Takut Siswa Terhadap Konselor Sekolah. TRIADIK, 1(16), 19-30. https://ejournal.unib.ac.id/triadik/article/view/4685
Uzun, G., Kurtulus, H. Y., Aydin, C. B., & Zeren, S. G. (2020). Predictors of Happiness Among Teachers and School Counselors: Job Satisfaction and Loneliness in the Workplace. The Journal of Academic Social Science Studies, 82(13), 113-130. https://www.researchgate.net/publication/350856434Predictors_of_Happiness_Among_Teachers_and_SchoolCounselors_Job_Satisfaction_and_Loneliness_in_the_Workplace?enrichId=rgreq-20078217632d2f8057925c75605c6c74-XXX&enrichSource=Y292ZXJQYWdlOzM1MDg1NjQzNDtBUzoxMDY3MjYwMzUzNDQ5OTg0QDE2MzE0NjYxMDU1MTI%3D&el=1_x_2&_esc=publicationCoverPdf
Wahyuni, S. (2018). Konsep Dasar Konseling Kelompok. Hikmah, 1(5), 74-75. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/Hik/article/view/853
Wahyuni, S., & Ishlakhatus, S. (2021). Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Reframing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Positif Siswa Di SMPN 3 Pademawu Pamekasan. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(7), 50-59. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/mdk/article/view/5796
Copyright (c) 2025 Dewi Norfatila, Anis Tri Yuliana, Rusmiyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.