Pengembangan Inisiatif, Kemandirian, dan Tanggung Jawab untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Peserta Didik

  • Suherman Suherman Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: kualitas pembelajaran, inisiatif, kemandirian, dan tanggung jawa; proses belajar efektif

Abstract

Proses belajar akan berlangsung efektif dan produktif apabila siswa memiliki kompetensi dan kekuatan psikologis berupa inisiatif, kemandirian, dan tanggung jawab untuk menjalani aktivitas pembelajaran. Siswa yang memiliki inisiatif, kemandirian, dan tanggung jawab yang rendah ditengarai akan mengalami hambatan dan kesulitan dalam proses belajar, dan akan terperangkap dalam ketidakmatangan dan stagnasi perkembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan pengembangan inisiatif, kemandirian, dan tanggung jawab agar siswa dapat menjalani proses belajar secara efektif dan mandiri. Apabila siswa memiliki inisiatif, kemandirian, dan tanggung jawab, proses pembelajaran diharapkan dapat menghasilkan output bermutu yang dapat mengembangkan siswa memiliki kemampuan sesuai potensi yang dimiliki, dapat menghadapi tantangan masa depan, serta memiliki orientasi pekerjaan dan karir yang berkualitas, sehingga mampu bersaing dalam masyarakat global. Dengan metode quasy eksperiment dan pendekatan collaborative action research, penelitian ini melibatkan responden sebanyak 260 orang siswa dan dua orang guru bimbingan dan konseling pada dua SMP Negeri di Kabupaten Bandung Barat. Penelitian menghasilkan panduan yang teruji secara efektif dapat mengembangkan inisiatif, kemandirian, dan tanggung jawab siswa SMP.

Published
2020-01-28
How to Cite
Suherman, S. (2020). Pengembangan Inisiatif, Kemandirian, dan Tanggung Jawab untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Peserta Didik. Indonesian Journal of Educational Counseling, 4(1). https://doi.org/10.30653/001.202041.123
Section
Research Based Article