Penerapan Humanisme dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

  • Fitra Nugraha Universitas Negeri Jakarta
  • Wirda Hanim Universitas Negeri Jakarta
  • Eko Siswono Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Elementary School, Humanism, Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan humanisme dalam pembelajaran di Sekolah Dasar Swasta Cinta Kasih Tzu Chi, Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang prosedur pengumpulan datanya berupa melakukan observasi, wawancara, analisis dokumen atau dokumentasi dan gabungan/triangulasi. Selain itu, penelitian ini menggunakan analisis data yakni dengan mencocokan pola atau pattern matching dengan teknik penjodohan Campbell. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan humanisme dalam pembelajaran di kelas 1 Sekolah Dasar Swasta Cinta Kasih Tzu Chi adalah menggunakan model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning). Pembelajaran Kooperatif adalah suatu strategi belajar mengajar yang menekankan pada sikap atau perilaku bersama dalam bekerja atau membantu di antara sesama dalam struktur kerjasama yang teratur dalam kelompok, yang terdiri dari dua orang atau lebih. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum rekomendasi pemerintah yakni Kurikulum 2013 dengan ditambah muatan lokal mata pelajaran budaya humanis dan budi pekerti yang diadobsi dari ajaran Master Cheng Yen dari Taiwan. Dalam hal pembelajaran di kelas, pendidik melatih cara berkomunikasi yang baik, mengingatkan harus empati dan baik kepada semua orang, untuk penilaian pendidik bukan hanya dari hasil ujian tapi juga sikap sehari-hari. Selain itu peran orang tua dari hasil penelitian menunjukkan peran orang tua sangat penting dalam mensukseskan penerapan humanis itu sendiri. Ini terlihat dari orang tua yang harus memantau sikap dan proses pembelajaran ketika di rumah. Kesimpulannya peserta didik akan bisa merasakan manfaat dari belajar humanisme di sekolah ketika orang tua berperan aktif dalam membantu dan mengawasinya di rumah.

References

Ahmad, N. (2017). Pendidikan Islam Humanis. Tangsel: onglam books.
Aloni, N. (2011). Empowering Dialogues in Humanistic Education. Educational Philosophy and Theory, 00789(x), 1–15. https://doi.org/10.1111/j.1469-5812.2011.00789.x
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Baines, E., Blatchford, P., & Webster, R. (2015). The challenges of implementing group-work in primary school classrooms and including pupils with Special Educational Needs. Special Issue of Education, 3–13(43), 15–29.
Creswell, J. W. (2016). Pendekatan Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Fandi, H. Al. (2016). Desain Pembelajaran yang Demokratis & Humanis. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ferdi, W. P. (2013). Pembiayaan Pendidikan : Suatu Kajian Teoritis. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(4), 565–578.
Fernandez, O. (2013). Malinowski and the New Humanism. History of the Human Sciences, 26(2), 70–87. https://doi.org/10.1177/0952695113480974
Firdaus, F. A., & Mariyat, A. (2017). Humanistic Approach In Education According to Paulo Freire. At-Ta’dib, 12(2), 26–47.
Hibana, Kuntoro, Sutrisno, . (2015). Pengembangan Pendidikan Humanis Religius di Madrasah. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3(1), 19–30.
Idris, M. (2014). Konsep Pendidikan Humanis dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Miqot, 38(2), 417–434.
Rahma, A. (2017). Pendidikan Humanis Paolo Freire Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Rosidah, W. (2012). Perhatian Orang Tua pada Pendidikan Anak di Sekolah Dasar. Universitas Negeri Yogyakarta.
Saidek, A., Raisul, I., & Abdoludin. (2016). Character Issues : Reality Character Problems and Solutions through Education in Indonesia. Journal of Education and Practice, 7(17), 158–165.
Sugiyatmi, S. (2012). Kepemimpinan Kepala Sekolah Di SD Gugus Asmorodono Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Trianto. (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.
Untari, L. (2016). An Epistemological Review on Humanistic Education Theory. Leksema, 1(1), 59–72.
Yin, R. K. (2011). Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Rajawali Pers.
Published
2020-07-23
How to Cite
Nugraha, F., Hanim, W., & Siswono, E. (2020). Penerapan Humanisme dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Educational Counseling, 4(2). https://doi.org/10.30653/001.202042.138
Section
Research Based Article