Motivasi Belajar Jarak Jauh bagi Siswa Sekolah Dasar Negeri Sampora II di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana motivasi belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh bagi siswa Sekolah Dasar Negeri Sampora 2 di masa pandemi Covid-19. Metode Penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan Siswa SDN Sampora 2 sebanyak 150 orang. Responden yang dipilih meliputi kriteria siswa SDN Sampora 2 yang sedang melaksanakan pembelajaran jarak jauh bagi siswa SDN Sampora 2. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa secara fisik dan psikis Siswa SDN Sampora 2 memiliki motivasi belajar dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Motivasi belajar dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh juga sudah baik, dilihat dari proses belajar, evaluasi dan hasil pembelajaran siswa SDN Sampora 2.
References
Adit, A. (2020).12 Aplikasi Pembelajaran Daring Kerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.[Online]. Diakses dari https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/22/123204571/12-aplikasi- pembelajaran-daring-kerjasama-kemendikbud-gratis?page=all.
Agustin, M., Puspita, R.D., & Setyadi, R. (2020).Gejala Kejenuhan Siswa Sekolah Dasar saat Pandemi Covid-19.Jurnal Elementaria Edukasia. Vol. 3 (2). Hlm 183-192.
Al Rasyid, U. H. (2017). Standar Pendidikan Jarak Jauh.
Al-Arimi, A. (2014). Distance Learning.Procedia - Social and Behavioral Sciences, 152, 82-88. doi: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.159
Almarzooq, Z. I., Lopes, M., & Kochar, A. (2020). Virtual Learning During the Covid-19 Pandemic. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. doi: https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015.
Bredekamp, S. (2017). Effective Practices in Early Childhood Education: Building a Foundation. NYC: Pearson Education Inc.
Buselic, M. (2012). Distance Learning - Concepts and Contributions.Oeconomica Jadertina, 2(1), 23-34. doi: https://doi.org/10.15291/oec.209CAKAP. [Online].Diakses dari cakap.com pada tanggal 08 Mei 2020.
Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.
Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry & Research Design Choosing among Five Approaches (3rd ed.). Thousand Oaks: CA SAGE.
Creswell, J. W. (2013). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. AS: Sage Publications.
Dalyono, M. (2005).Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalyono, M. (2009).Psikolosi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas.(2000). Manajemen Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar.EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61. doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Higgins, A. (2020). Paradigms, Distance Learning, Education, and Philosophy.Journal of Open, Flexible and Distance Learning, 24(2), 4–11.
Husin, M., Awang, M. M., & Ahmad, A. (2017). Teacher Readiness in Teaching and Learning History Process through i-Think Mind Maps.Yupa: Historical Studies Journal, 1(2), 183- 198. doi: https://doi.org/10.30872/yupa.v1i2.109
ICANDO.[Online].Diakses dari icando.co.id pada tanggal 08 Mei 2020.
Iryani, E. (2017). Al-Qur’an dan Ilmu Pengetahuan.Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 66-83.
Ismanto, Dkk. (2017).Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaranbagi Guru Sma Negeri 2 Kota Pekanbaru.Jurnal UntukMU Negeri, 1(1), 42-47.
Kusuma, J. K. & Hamidah. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group dan Webinar Zoom dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemik Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 97-106. doi: https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942
Kuswahyuni, S. (2009). Pengaruh Bimbingan Kelompok Tehadap Kesiapan Menghadapi Ujian Akhir Pada Siswa Kelas Vi A3 Sdn Sendang Mulyo 03 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009. (Skripsi). Semarang: IKIP PGRI Semarang.
Leontyeva, I. A. (2018). Modern Distance Learning Technologies in Higher Edycation: Introduction Problems. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(10), 1-8. doi: https://doi.org/10.29333/ejmste/92284
Mahendra, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus di RA Nurul Huda 01 Sumberejo Kecamatan Pabelan tahun 2020. (Skripsi).Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Martini, E. (2018). Membangun Karakter Generasi Muda melalui Model Pembelajaran Berbasis Kecakapan Abad 21.JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2), 21-27. doi: https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp21-27
Means, B., Toyama, Y., Murphy, R., Bakia, M., & Jones, K. (2009). Evaluation of Evidence-Based Practices in Online Learning: A Meta-Analysis and Review of Online Learning Studies. US: US Department of Education.
Mendikbud.(2012). Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2012. Jakarta: Depdikbud.
Mendikbud.(2020). Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Virus Corona. Jakarta: Depdikbud.
Mertens, D.M. (2010). Research and Evaluation in Education and Psychology: Integrating Diversity with Quantitative, Qualitative, and Mixed Method. California: Sage Publications, Inc.
Miles, M. B., & Huberman, M. A. (1994).Qualitative data analysis: an expanded sourcebook (2rd ed). London: Sage Publication.
Morant, R. (1981). In-service Education Within the School. London: Allen & Unwin.
Mukhlison. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh dan Solusinya: Artikel Guru. [Online]. Diakses dari https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/kendala-pembelajaran-jarak-jauh-dan-solusinya/ pada tanggal 27 Januari 2021.
Pawan, F., Paulus, T. M., Yalcin, S., & Chang, C. F. (2003). Online Learning: Patterns of Engagement and Interaction Among In-Service Teachers. Language Learning & Technology, 7(3), 119- 140.
Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah M. (2020).Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 94-101. doi: https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081
Recker, M. M., Dorward, J., & Nelson, L.M. (2004). Discovery and Use of Online Learning Resources: Case Study Findings. Educational Technology & Society, 7(2), 93-104.
Rumah Belajar Kementrian pendidikan dan Kebudayaan.[Online]. Diakses dari: belajar.kemendikbud.go.id
Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020).Analisis Kebijakan Pendidikan terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Darurat COVID 19.JURNAL MAPPESONA, 2(2).
Saykılı, A. (2018). Distance education: Definitions, generations, key concepts and future directions. International Journal of Contemporary Educational Research, 5(1), 2-17. doi:SEKOLAHMU. [Online].Diakses dari sekolah.mu pada tanggal 08 Mei 2020.
Slameto.(2010). Motivasi Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto.(2011). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soekartawi. (2006). “Blended E-Learning: Alternatif Model Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia”. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (hlm. 93-100). Yogyakarta.
Sukardi, S., & Rozi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Online Dilengkapi Dengan Tutorial Terhadap Hasil Belajar. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 4(2), 97. https://doi.org/10.29100/jipi.v4i2.1066
WHO Coronavirus Disease (COVID-19).(2021). [Online].Diakses dari https://covid19.who.int/ pada tanggal 19 Januari 2021.
Yusnawati.(2007). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Zulfitria, Dkk. (2020).Penggunaan Teknologi dan Internet sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. doi: http://jurnal.umj
Copyright (c) 2021 Ratna Sari, Arif Budiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.