Kesulitan Belajar Daring pada Siswa di Masa Pandemi Covid-19: Studi di SMP Negeri 9 Kota Bekasi

  • Fitrika Andayani SMPN 9 Kota Bekasi
Keywords: Covid-19, Kesulitan, Belajar, Pembelajaran Daring, Pandemi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar daring peserta didik kelas VII di SMP Negeri 9 Kota Bekasi. Manfaat penelitian ini adalah dapat dijadikan sebagai informasi mengenai pembelajaran daring dan kesulitan belajar peserta didik, sebagai rujukan dalam mengambil kebijakan, serta dapat memberikan intervensi bagi peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik korelasi. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan angket. Uji persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji linieritas dan uji regresi. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian, diperoleh persamaan garis regresi Y = 90,426 – 0,354X + e. Variabel pembelajaran daring dan kesulitan belajar peserta didik memiliki hubungan yang berbanding terbalik, artinya semakin baik pembelajaran daring maka semakin rendah kesulitan belajar peserta didik, dan sebaliknya semakin buruk pembelajaran daring maka semakin tinggi kesulitan belajar peserta didik. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak dan H1 diterima, artinya ada hubungan antara pembelajaran daring dengan kesulitan belajar peserta didik kelas VII di SMP Negeri 9 Kota Bekasi. Nilai koefisien korelasi diperoleh nilai r yang negatif sebesar –0,464 dengan tingkat hubungan sedang pada interval 0,40-0,599. Hasil analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa sebesar 21,5% variabel kesulitan belajar peserta didik dapat dijelaskan oleh variabel pembelajaran daring. Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan yang negatif antara pembelajaran daring dengan kesulitan belajar peserta didik.

References

Aqib, Z. (2012). Pendidikan Karakter Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara.

Bilfaqih, Y., & Qomarudin. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.

Dabbagh, N., & Bannan-Ritland, B. (2015). Online Learning: Concepts, Strategies, and Application. Journal of Education Technology Research and Development, 55, 667-669.

Dimyati, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta..

Dirgagunarsa, S. (2018). Pengantar Psikologi. Jakarta: Mutiara.

Fauziah, S., Miskanik, M., & Krisnanda, V. D. (2021). Pengaruh pembelajaran daring dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 149-156.

Mulyadi. (2015). Diagnosis Kesulitan Belajar & Bimbingan terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera Kamulyan.

Mulyanto, H., & Wulandari. (2015). Penelitian Metode dan Analisis. Yogyakarta: Agung.

Hardiansyah, M. A., Ramadhan, I., Suriyanisa, S., Pratiwi, B., Kusumayanti, N., & Yeni, Y. (2021). Analisis perubahan sistem pelaksanaan pembelajaran daring ke luring pada masa pandemi COVID-19 di SMP. Jurnal Basicedu, 5(6), 5840-5852.

Republik Indonesia. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.

Riduwan. (2015). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sadikin, A., & Hamidah. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 6(2):214-24.

Sarwono, J. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Syah, M. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahyuni, A., Bayti, C. S., Purnama, A. R., & Wahyundari, L. (2021). Dampak Implementasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Biogenesis, 17(2), 88-93.

Published
2021-07-30
How to Cite
Andayani, F. (2021). Kesulitan Belajar Daring pada Siswa di Masa Pandemi Covid-19: Studi di SMP Negeri 9 Kota Bekasi. Indonesian Journal of Educational Counseling, 5(2), 91-96. https://doi.org/10.30653/001.202152.224
Section
Research Based Article