Kecemasan Karier Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Ditinjau dari Jenis Kelamin

  • Peni Ramanda UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Keywords: Jenis Kelamin, Kecemasan Karier, Mahasiswa

Abstract

This study aims to describe: 1) the career anxiety level of FTK UIN SMH Banten students; 2) differences in career anxiety levels of FTK UIN SMH Banten students based on gender. 3) efforts to provide guidance and counseling services to reduce career anxiety for FTK UIN SMH Banten students. This study used a comparative quantitative method by comparing the career anxiety level of FTK UIN SMH Banten students based on gender. Data was collected with the Student Career Anxiety Scale (SKKM) and processed using an independent sample t-test. The results of the study revealed: (1) career anxiety of FTK UIN SMH Banten students is in the moderate category or score at 46.23; (2) There is a significant difference between the career anxiety of male and female students at FTK UIN SMH Banten with a significant level of 0.00; (3) Some of the efforts to reduce career anxiety of FTK UIN SMH Banten students are: group counseling or individual counseling. For preventive efforts, counselors in providing career guidance services such as group guidance, classical guidance, indirect services and the use of Islamic methods.

References

Agustin, N. (2019). Pengaruh Terapi Shalat Dhuha dalam mengurangi kecemasan karir masa depan siswa di SMA Muhammadiyah 8 Gresik (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel surabaya). http://digilib.uinsby.ac.id/31565/
Badan Pusat Statistika. (2021). BPS: Sarjana yang Menganggur Hampir 1 Juta Orang pada Februari 2021. Databoks, 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/31/bps-sarjana-yang-menganggur-hampir-1-juta-orang-pada-februari-2021

Bismala, L. (2015). Analisis Perbedaan Beban Stress Pada Mahasiswa Laki-Laki Dan Perempuan Yang Sedang Menyusun Skripsi. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis: Jurnal Program Studi Akuntansi, 1(1). http://www.ojs.uma.ac.id/index.php/jurnalakundanbisnis/article/view/98

Daroji, D. (2015). Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Kecemasan dalam Memasuki Dunia Kerja. Jurnal VARIDIKA, 27(2), 183-191. https://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/1732

Fitriana, S,N., Dahlan, S., & Widiastuti, R. (2015) Arah Pilihan Bidang Jabatan berdasarkan Jenis Kelamin dan Prestasi Belajar Siswa. ALIBKIN: Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1).

Greenberger, D., dan Padesky. 2004. Manajemen Pikiran: Metode Ampuh Menata Pikiran Untuk Mengatasi Depresi, Kemarahan, Kecemasan, dan Perasaan Merusak Lainnya, Terj. Bambang Margono, dari Mind Over Mood; Change How you Feel by Changing the way You Think. Bandung: Mizan Pustaka.

Kiling, I. Y., & Bunga, B. N. (2014). Konseling karir dan pemahaman diri sebagai potensi solusi untuk kecemasan gagal mahasiswa. Jurnal Transformasi Edukasi, 3(1), 60-64.

Kurnia, Y., & Ismail, I. (2022). Keefektifan Teknik Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Kecemasan Siswa Berbicara Di Depan Kelas. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 4(1), 85-93.

Maulidya, W. (2017). Pengaruh Pemberian Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Rational Emotive Therapy Teknik Live Model Terhadap Kecemasan Karir Mahasiswa Bk Reguler A 2015 Di Universitas Negeri Medan Ta 2016/2017 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Mirah, F. F. E., & Indianti, W. (2018). Pengaruh kecemasan karir terhadap commitment to career choice dengan kelekatan orang tua sebagai moderator. Jurnal Psikologi Insight, 2(1), 74-89.

Mutaharah, N. (2021). Terapi membaca Al-Qur’an untuk mengurangi tingkat kecemasan dalam menentukan karir santri kelas XII SMA Al-Ashriyah Yayasan Banu Sanusi Sesela (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Nais, N. S. (2022). Pengaruh Teknik Restrukturing Kognitif Dalam Konseling Kelompok Terhadap Kecemasan Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMA Dr. Soetomo Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya).

Novitasari, T. (2013). Keefektivan konseling kelompok pra-persalinan untuk menurunkan tingkat kecemasan primigravida menghadapi persalinan. Developmental and Clinical Psychology, 2(2).

Noviyanti, A. (2021). Dinamika Kecemasan Karir pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Prosiding Seminar Nasional Transformasi Pendidikan Di Era Merdeka Belajar: Menjawab Tantangan Pada Masa Dan Pasca Pandemi. Yogyakarta: 9 Desember 2021. Hal 46-54.

Oktavia, D. A. N. (2022). Efektivitas Teknik CBT Dalam Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Kecemasan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Peserta Didik SMAN 1 KRIAN (Doctoral dissertation, Universitas PGRI Adibuana Surabaya).

Pasmawati, H. (2018). Urgensi Bimbingan Karier di Perguruan Tinggi Untuk membantu Kesiapan mahasiswa Tahun Akhir Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Ilmiah Syi’ar, 18(1), 1.

Pirasik, C. T., Rowell, P. C., & Thompson, L. K. (2017). A phenomenological study of career anxiety among college students. The Career Development Quarterly, 65, 339- 352.

Prastiwi, L. R., & Rahmadanik, D. (2022). Polemik dalam karir perempuan Indonesia. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 4(1).

Puji Lestari, E. (2021). Pembiasaan Salat Tahajud dan Salat Dhuha Dalam Penurunan Tingkat Kecemasan Santri Putri di Pondok Pesantren Al Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).

Putri, S. D., Yusuf, M., & Afdal, A. (2021). Pendekatan Trait and Factor dalam Mengatasi Kecemasan Karir Siswa SMA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1513–1520.

Ramanda, P. & Khairat, I. (2017). Perbedaan Kematangan Sosial Siswa yang Berasal dari Sekolah Homogen dan Sekolah Heterogen. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2 (4), 148–156. http://dx.doi.org/10.17977/um001v2i42017p148

Samekto, A. (2015). Perbedaan kinerja laki-laki dan wanita pada Kantor Akuntan Publik di Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Suwanto, I. (2016). Konseling behavioral dengan teknik self management untuk membantu kematangan karir siswa SMK. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1(1), 1-5.

Wandi, G. (2015). Rekonstruksi maskulinitas: menguak peran laki-laki dalam perjuangan kesetaraan gender. Kafaah: Journal of Gender Studies, 5(2), 239-255.

Zulaifi, R. (2022). Efektifitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Self-Talk Untuk Mengurangi Tingkat Kecemasan Akademik Siswa Kelas X Smkn 2 Mataram. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 1718-1724.
Published
2023-01-31
How to Cite
Ramanda, P. (2023). Kecemasan Karier Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Ditinjau dari Jenis Kelamin. Indonesian Journal of Educational Counseling, 7(1), 72-84. https://doi.org/10.30653/001.202371.235
Section
Research Based Article