Penerapan Sistem Point untuk Meningkatkan Ketertiban Siswa dalam Mentaati Tata Tertib Sekolah pada Siswa Kelas IX SMPN 5 Karawang Barat

  • Jenal Abidin SMPN 5 Karawang Barat
  • Siti Fitriah SMPN 1 Cibuaya Kabupaten Karawang
  • Fitri Nurkomalasari SMPN 1 Kutawaluya Kabupaten Karawang
Keywords: Keterlibatan Siswa, Sistem Point, Tata Tertib Sekolah

Abstract

Salah satu cara untuk meningkatkan ketertiban siswa dalam mentaati aturan sekolah adalah dengan cara implementasi sistem point, jadi karena di SMPN 5 Karawang Barat sangat menonjol sekali masalah ketertiban siswa maka guru BK hendak menerapkan sistem point kepada siswa. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memberikan pelajaran kepada siswa tentang pentingnya kedisiplinan dalam mentaati aturan sekolah.Adapun teknik dan alat pengumpulan data penelitian ini berupa wawancara, observai dan analisis dokumen. Sedangkan Analisis datanya menggunakan analisis kuantitatif bercampur dengan analisis kualitatif.Adapun hasil observasi siklus I menghasilkan skor 11 yang menunjukkan bahwa ketertiban siswa dalam mentaati aturan sekolah sudah cukup meningkat. Lalu di lanjutkan siklus II yang menghasilkan skor melebihi siklus 1 yakni 13 yang menunjukkan bahwa ketertiban siswa dalam mentaati aturan sekolah sudah sangat meningkat. Hasil ahir penelitian ini adalah metode pemberian point dapat meningkatkan ketertiban siswa, mentaati aturan sekolah.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.

Asra, S. (2007). Metode pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Dariyo, A. (2004). Psikologi perkembangan remaja. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kartono, K. (1990). Psikologi Umum. Bandung: Mandar Maju.

Nurihsan, A. J. (2006). Bimbingan dan konseling dalam berbagai latar kehidupan. Bandung: Refika Aditama.

Nursalim, M., & Suradi, S. A. (2002). Layanan bimbingan dan konseling. Surabaya: Unipress.

Pasaribu, I. L., & Simanjuntak, B. (1983). Proses belajar mengajar. Bandung: Tarsito.

Purwanto, N. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumarno, D. (1995). Gerakan Disiplin Nasional. Jakarta: Jaya Abadi.

Sumarno, D. (1998). Pedoman Pelaksanaan Disiplin Nasional dan Tata Tertib Sekolah. Jakarta: Jaya Abadi.

Winarsunu, T. (2017). Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan (Vol. 1). UMM Press.

Published
2021-07-30
How to Cite
Abidin, J., Fitriah, S., & Nurkomalasari, F. (2021). Penerapan Sistem Point untuk Meningkatkan Ketertiban Siswa dalam Mentaati Tata Tertib Sekolah pada Siswa Kelas IX SMPN 5 Karawang Barat. Indonesian Journal of Educational Counseling, 5(2), 115-119. https://doi.org/10.30653/001.202152.248
Section
Research Based Article