Akseptabilitas Orangtua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus: Tinjauan Pengalaman dan Strategi Pemenuhan Kebutuhan Khusus

  • Arizqon Mudrikallistanto Institut Daarul Qur'an
  • Nur Azmi Wiantina Institut Daarul Qur'an
  • Desi Setiyadi Institut Daarul Qur'an
Keywords: Children with special needs, Parental Acceptance, Parenting Strategies

Abstract

Ketika keterbatasan emosi, intelektual, sosial, atau fisik seorang anak menghalangi perkembangan normalnya, kita mengatakan bahwa anak tersebut mempunyai kebutuhan khusus. Mengingat kekurangan ini, penelitian yang mengkaji teknik pengasuhan untuk anak berkebutuhan khusus, elemen penerimaan orang tua, dan variabel yang berkontribusi terhadap penerimaan orang tua sangat diperlukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sikap penerimaan orang tua terhadap anaknya yang berkebutuhan khusus menjadi fokus penelitian ini. Peneliti dalam penelitian ini mengandalkan bahan referensi yang diperoleh dari wawancara dengan orang tua anak berkebutuhan khusus untuk memastikan keaslian hasilnya. Data dianalisis menggunakan metode tematik, yang membantu mengidentifikasi tren dan kesimpulan penting terkait pengalaman dan taktik orang tua. Berdasarkan temuan tersebut, orang tua sudah bisa menerima kondisi anaknya. Hal ini terlihat jika melihat variabel dan karakteristik penerimaan orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus. Untuk menjamin orang tua dapat menunaikan kewajiban dan memenuhi hak-hak anaknya, ketiga subjek orang tua telah menerapkan berbagai strategi dalam menangani dan mengasuh anak berkebutuhan khusus, khususnya di bidang kesehatan, pendidikan, perlindungan, dan kebutuhan.

References

Ahmad Muntakhib, T. (2023). Model Pendidikan Inklusi Di Pesantren Ainul Yakin Gunung Kidul. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 21(2), 194. https://jurnaledukasikemenag.org/index.php/edukasi/article/view/1578/641

Bakar, A. A., & P.Chelvanathan, I. Y. A. K. (2023). Problem Psıkologıs Orang Tua Yang Memılıkı Anak Berkebutuhan Khusus (Studı Kasus Dı Tunjung Jatılawang Banyumas) Skrıpsı. Journal of Engineering Research.

Bidin A. (2017). Pelatıhan Keterampılan Pengasuhan Autıs Untuk Menurunkan Stres Pengasuhan Pada Ibu Dengan Anak Autıs. Management System, 4(1), 9–15.

Gumilang, R. M., & Irnawati. (2022). Cultural Dimensions of Parental Acceptance of Children with Special Needs. Jurnal Khazanah Keagamaan, 10(1), 110–124.

Harahap, J. S. (2024). Strategi Pengasuhan Orangtua Dalam Merespon Sehingga Potensi Anak Berkebutuhan Khusus Bertumbuh Kembang Dengan Baik. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling …, 5(1), 40–49. https://counselia.faiunwir.ac.id/index.php/cs/article/view/101%0Ahttps://counselia.faiunwir.ac.id/index.php/cs/article/download/101/64

Harahap, M. Y., & Siregar, A. M. (2021). Perlindungan Hukum Anak Berkebutuhan Khusus Saat Pandemi Covid-19 Sesuai Perspektif Hukum Islam. Al-Mashlahah: Jurnal Hukum Islam Dan Pranata Sosial Islam, 9(2), 574. https://doi.org/10.30868/am.v9i02.2059

Hurlock, E. B. (1996). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, terj. In Isti Widiyati, Jakarta: Erlangga.

Normasari, E., Fitrianawati, M., & Rofiah, N. H. (2021). Akseptabilitas Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Kota Yogyakarta (Studi Kasus Pada Lembaga Federasi Komunikasi Keluarga Penyandang Disabilitas). WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 133–139. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i2.6927

Raeburn, G. D. (2019). Death and dying. The Routledge History of Emotions in Europe: 1100-1700, 200–215. https://doi.org/10.4324/9781315190778-18

Safitri, F., Ali, F. N., & Latipah, E. (2022). Ketidakmampuan Membaca (Disleksia) dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Anak. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 37–44. https://doi.org/10.24176/wasis.v3i1.7713

Satwika, Y. W., Khoirunnisa, R. N., Laksmiwati, H., & Jannah, M. (2019). Efektivitas Pelatihan Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Pada Guru Sekolah Inklusi. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 13(2), 109. https://doi.org/10.30587/psikosains.v13i2.763

Selvi, & Sudarji, S. (2017). Gambaran Faktor Yang Memperngaruhi Penerimaan Diri Orangtua Yang Memiliki Anak Autisme. Psibernetika, 10(2), 70–80. https://doi.org/10.30813/psibernetika.v10i2.1043

Setiawati, F. A., & Nai’mah. (2020). Mengenal konsep-konsep anak berkebutuhan khusus dalam Paud. Program Studi PGRA, 6(2), 193–208. file:///C:/Users/Coco/Downloads/635-Article Text-1336-1-10-20200728.pdf

Sindi, N. W., & Syafrudin, U. (2023). Parents ’ Experience Caring for Children with Special Needs Down Syndrome : Phenomenology Qualitative Research Study Abstrak. 4(1), 25–29.

Sukmadi, M. R., Sidik, S. A., & Mulia, D. (2020). Kualıtas Hıdup Orang Tua Yang Memılıkı Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus pada Orang Tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus dengan Hambatan Intelektual dan Orang Tua yang Memiliki Anak Dengan Hambatan Autism di SKh Madina Kota Serang-Banten). 3(1).

Umar, M. (2020). Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Musawa: Journal for Gender Studies, 12(1), 108–139. https://doi.org/10.24239/msw.v12i1.591

Umila, Andriani, Rulita, R., & Septiyani, S. H. dan. (2023). Penerimaan Orang Tua Terhadap Keberadaan Anak Berkebutuhan Khusus di Lembaga PAUD. 3(1), 79–90.
Published
2024-07-29
How to Cite
Mudrikallistanto, A., Wiantina, N., & Setiyadi, D. (2024). Akseptabilitas Orangtua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus: Tinjauan Pengalaman dan Strategi Pemenuhan Kebutuhan Khusus. Indonesian Journal of Educational Counseling, 8(2), 208-216. https://doi.org/10.30653/001.202482.372
Section
Theoretical/Conceptual Article