Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa

  • Aprilia Dewi Suryani Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Drajat Edy Kurniawan Universitas PGRI Yogyakarta
Keywords: Group Guidance, Discussion Techniques, Confidence

Abstract

EFFECTIVENESS OF GROUP GUIDANCE USING DISCUSSION TECHNIQUES TO INCREASE THE CONFIDENCE STUDENTS AT SMP. This study aims to determine the effectiveness of group guidance with discussion techniques to increase the confidence of class VIII students at SMP Negeri 1 Purwosari for the academic year 2021/2022. This type of research is quantitative, using a pre-experimental design with the type of one group pretest-posttest design. The data collection method in this study used a questionnaire with a population of all eighth grade students at SMP Negeri 1 Purwosari. The sample in this study took 10 students from the population using purposive sampling technique, and the data analysis technique in this study used T-test analysis. The results showed that the provision of discussion technique group guidance services was effective in increasing students' self-confidence. Based on the results of the t-test analysis, the value of t = -20,954 with p value = 0.000 <0.05, which means Ha is accepted, meaning that there is a positive and significant effect of providing discussion technique group guidance services to increase the self-confidence of Class VIII students in SMP Negeri 1 Purwosari Academic Year 2021/2022. It is hoped that schools and guidance and counseling teachers can apply discussion technique group guidance services effectively so that they can increase students' self-confidence.

References

Ahmad Ali Fathi Zain, dkk.2021. Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Icebreaking Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa.Jurnal Konseling Pendidikan.Vol 5. No 1.Hal 9-20. SMP Lab NW Pancor: Universitas Hamzanwadi.

Amaliah, Rezeki.2017.Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Gerak dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) pada Siswa kelas XI SMA N 4 Bantimurung.Jurnal Dinamika. Vol 08.No 1. Makasar: STKIP-PI Makasar.

Batubara, Azizah dkk.2018. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Kepercayaaan Diri Siswa Kelas X Sma Negeri 7 Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018.

Darmawan, Deni.2013.Metode Kuantitatif.Bandung:PT. Remaja Rosdakarya. Desky, Harjoni.2013.Efektifitas dan Manfaat Program Pembangunan Masyarakat Mulia Sejahtera (PMMS) Studi di Kabupaten Aceh Utara.Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan.Vol 7.No 2.Aceh Utara: KPI STAIN Malikussaleb Lbokseumawe.

Destriana, Megita.2017. Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Kelas VIII Di Mtsn 2 Bandar Lampung.

Dwiningrum, Siti Irene Astuti.2013.Metode Penelitian Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press.

Erhamwilda.2015.Konseling Sebaya.Yogyakarta: Media Akademi.

Ermi, Netti.2015.Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Sosial pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Pekan Baru.Jurnal Sorot.Vol 10.No 2.Pekan Baru: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Riau.

Fadilah, Syifa Nur.2019. Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan.Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam.Vol.3.No 2.Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Fransiska, dkk.2017.Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP N & Singkawang Tahun Ajaran 2014/2015.Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia.Vol 2.No 1.Singkawang: Prodi Bimbingan dan konseling STKIP Singkawang.

Hermawan dan Eko Perianto.2018.Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Pemahaman Tugas Perkembangan Siswa.Jurnal Bimbingan dan Konseling.Vol 1.No 3.Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta.

Ihsan, Fuad.2013.Dasar-Dasar Kependidikan.Jakarta: Rineka Cipta.

Komariyah, Siti dan Iis lathifah Nuryanto.2019.Efektifitas Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Client Centered untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Siswa Kelas VIII SMP N 16 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019.Jurnal Bimbingan dan Konseling.Vol 4.No 1.Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta.

Pranoto, Hadi.2016.Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMA Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara.Jurnal Lentera Pendidikan LPPM UM METRO.Vol 01.No 1.Lampung: FKIP Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Lampung.

Pratama, Satria Artha dan Rita Intan Permatasari.2021.Pengaruh Penerapan Standar Operasional, Prosedur dan Kompetensi terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Eksport PT. Dua Kuda Indonesia. Jurnal Ilmuan M-Progress.Vol 11.No 1.Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma.

Prianto, Tri Puji.2017.Metode Diskusi Macromedia Flash untuk Peningkatan Hasil Belajar Alat Ukur Mekanik.Jurnal Taman Vokasi.Vol 5.No 1.Yogyakarta: Pendidikan Teknik Mesin FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Putri, Noviyanti.2018.Pengaruh Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII-D SMP Negeri 8 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017.Jurnal Bimbingan dan Konseling.Vol 02.No 02.Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Romlah, Tatiek.2013.Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok.Malang: Universitas negeri Malang.

Sayondari, Putu Nopi.2014.Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014.Jurnal Bimbingan dan Konseling.Vol 2.No1.Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sudijono, Anas.2018.Pengantar Statistik Pendidikan.Depok: Rajawali Pers. Sugiyono.2019.Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta.

Supriyati, Ika.2020.Penerapan Metode Diskusi dalam Pengembangan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas VIII MTSN 4 Palu.Jurnal Bahasa dan Sastra.Vol 5. No 1.Palu: Prodi PBSI Universitas Tabulako.

Teni dan Agus Yudianto.2021.Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu.Jurnal Pendidikan Indonesia.Vol 2.No1.Indramayu: Universitas Wirolodra Indramayu.

Tri Susilo dan Drajat Edy Kurniawan.2020. Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Vii Di Smp It Masjid Syuhada Yogyakarta.Jurnal Advice.Vol 2 (1); p.1-11.Yogyakarta:Universitas PGRI Yogyakarta.

Urip Mulyani, dkk.2016.Pengaruh Teknik Diskusi Kelompok dalam Bimbingan Kelompok terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa tentang Dimensi Seksualitas Manusia.Jurnal Bimbingan dan Konseling.Vol 5.No 1.Jakarta: Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP UNJ.

Wingkel, W.S dan M.M. Sri Hastuti.2013.Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan.Yogyakarta: Media Abadi.

Yeni Wiliyatun Khasanah, dkk.2019. Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi untuk Meningatkan Kepercayaan Diri Pada Siswa Mts. Nurul Islam Di Bekasi Tahun Ajaran 2018/2019.Jurnal BK.vol 16.No 1.Hal 1-6.Jakarta: Universitas Islam As-Syafi’iyah.
Published
2023-01-31
How to Cite
Suryani, A., & Kurniawan, D. (2023). Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Indonesian Journal of Educational Counseling, 7(1), 122-130. https://doi.org/10.30653/001.202371.258
Section
Research Based Article